Senin, 28 September 2015

Komunikasi Visual Periklanan

Definisi

Desain Komunikasi Visual adalah:

Ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.
 

Desain Komunikasi Visual & Periklanan
Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada para calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang semurah-murahnya

Iklan merupakan salah satu karya dalam lingkup Desain Komuikasi Visual

Dalam Desain Komunikasi Visual, tujuan penciptaan karya yang mengandung nilai estetis digunakan untuk tujuan periklanan yaitu manyampaikan pesan yang membujuk khalayak potensial atas suatu barang, jasa atau perusahaan tertentu sehingga mereka bertindak sesuai

Sejarah & Perkembangan Desain Grafis
Komunikasi visual mengalami perkembangan seiring dengan bertumbuhnya peradaban dunia diantaranya :

  1. Dimulai 25.000 tahun SM, dimana manusia purba telah menggambar di dinding gua dengan gambar hewan buruan
  2. 1.500 tahun SM bangsa Mesir telah mengenal tulisan bergambar Hieroglyph dengan daun papirus sebagai kertasnya
  3. 800 SM 0rang Yunani dan Romawi telah membuat alfabet dengan 22 karakter
  4. Abad 11 Jaman peralihan dan pertengahan kaum bangsawan yang ada di gereja telah menggembangkan huruf bermotif, yang banyak mengandung ornamen
  5. Abad ke 12 orang-orang Eropa sudah mengenal kertas dan mulai menulis diatas kertas, pabrik kertas Fabriano di Italia 1276 dan Troyers di Perancis 1348
  6. 1450 Johan Gutenberg menemukan mesin cetak yang mampu memproduksi ribuan cetakan di atas kertas dalam waktu singkat
  7. Tahun 1600 John Baskerville dan Francois Didot serta 1700 Glambatista Bodoni telah menciptakan huruf yang lebih berkesan tebal tips, ringan dan sun serif
  8. 1820 Muncul katalog pertama yang berisikan tentang spesifikasi satu produk, dan juga malah poster telah ramai di daratan Eropa
  9. 1826 Joseph Nipce menemukan teknik fotografi pertama dan mulailah katalog, poster dan majalah dipenuhi dengan gambar dan teks
  10. 1890 -1910 muncul Gaya Art Nouveau sebagai gaya poster modern yang mengandalkan sistem blok
  11. 1907 Pablo Picaso melahirkan gambar aliran kubisme
  12. 1907 tahun yang sama disainer Jerman Peter Behrens membuat Corporate Identity untuk perusahaan AEG
  13. 1917 Konstruktivisme muncul di Rusia demgan ciri gambar mengarah pada kontruksi, diperkuat dengan penampilan perspektif yang kuat
  14. 1920 De Stijl muncul di Belanda yang lebih mengutamakan estetika dari pada fungsinya
  15. 1922 Walter Gropius mendirikan Bauhaus yang menjadi togak sejarah tentang desain modern meliputi desain produk, desain grafis dan arsitektur
  16. 1925 Herbert Bayer menciptakan huruf dinamis dan universal Type , diikuti dengan kemunculan Art Deco di Perancis
  17. 1960 Huruf Univers menjadi huruf yang populer dipakai kalangan orang Amerika dalam merancang sebuah desain grafis diantaranya poster, majalah, katalog
  18. 1970-1980 mulai marak dunia periklanan, hingga timbulnya coporate branding
  19. 1990 sampai sekarang, dunia marak dengan perkembangan media digital lewat pengembangan komputer grafis hingga melahirkan karya yang menakjubkan
Fungsi Komunikasi Visual Periklanan
  • Sarana Identifikasi
Identitas produk akan mencerminkan kualitasnya dan membuatnya lebih mudah dikenali oleh konsumennya.

Kita akan lebih mudah membeli minyak goreng dengan menyebutkan merek X daripada hanya mengatakan membeli minyak goreng saja atau kita akan membeli minyak goreng X karena logonya berkesan bening, bersih, dan “sehat”.

  • Sarana Informasi dan Instruksi
Desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal yang lain dalam bentuk petunjuk, arah, posisi dan skala; contohnya peta, diagram, simbol dan penunjuk arah.

Simbol-simbol yang kita jumpai sehari-hari
seperti tanda dan rambu lalu lintas, simbol-simbol di tempat-tempat umum seperti telepon umum, toilet, restoran, harus bersifat informatif dan komunikatif, dapat dibaca dan dimengerti oleh orang dari berbagai latar belakang dan kalangan. Inilah salah satu alasan mengapa desain komunikasi visual harus bersifat universal

  • Sarana Presentasi dan Promosi
Bertujuan untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian (atensi) dari mata (secara visual) dan membuat pesan tersebut dapat diingat.

Contohnya poster. Penggunaan gambar dan kata-kata yang diperlukan sangat sedikit, mempunyai satu makna dan mengesankan. Umumnya, untuk mencapai tujuan ini, maka gambar dan kata-kata yang digunakan bersifat persuasif dan menarik, karena bertujuan menjual suatu produk atau jasa.
Ruang Lingkup Komunikasi Visual Periklanan
  • Media audio :: radio 
  • Media Visual : suratkabar, majalah, brosur

Dengan berkembangnya tekhnologi dan informasi, kita dapat berkomunikasi dengan menggabungkan kedua
bentuk tersebut : Media Audio-visual 


Referensi

1. Sutherland and Alice K, Advertising and The Mind of The Consumer, PPM, Jakarta, 2000
2. Adi Kusrianto, Pengantar Desain Komunikasi Visual, Penerbit Andi, 2009
3. Sandra Moriarty, Nancy Mitchell, William Wells, Advertising, Kencana, 2011
4. Yongky Safanayong, Desain Komunikasi Visual Terpadu, Arte Intermedia, 2006
5. Agus Trijanto, Copy Writing, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002
6. William, F. Arens, Contemporary Advertising, Mac Graw-Hill, 2002


Sumber  Weblog Esa Unggul

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Realted Posts