Pengertian tentang konsep pemasaran dan hubungannya dengan Komunikasi Visual Periklanan
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen (William J. Stanton, 1978)Konsep Pemasaran:
- Semua operasi dan perencanaan perusahaan harus berorientasi pada konsumen
- Sasaran perusahaan harus volume penjualan yang menghasilkan laba
- Semua kegiatan pemasaran harus dikoordinir secara organisatoris
Penjualan: pertukaran barang dan jasa yang dilakukan oleh penjual
Promosi: strategi untuk menjangkau pembeli untuk melakukan pertukaran.
Promosi berfungsi untuk meningkatkan volume penjualan
Pada umumnya perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan volume penjualan akan melakukan kegiatan promosi melalui iklan
Jadi Periklanan adalah bagian dari STRATEGI PEMASARAN
Fungsi iklan dalam pemasaran adalah:
- Membantu produsen untuk mengenalkan produknya kepada konsumen
- Menginformasikan mengenai kelebihan dan manfaat produk
- Menarik minat konsumen untuk membeli produk
- Meningkatkan penjualan produk
- Membangun citra produk di mata konsumen
- Mengatasi masalah persaingan pasar yang cukup ketat.
Attention : mengandung daya tarik
Interest : mengandung perhatian dan minat
Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
Action : mengarah tindakan untuk membeli
Agar pemasaran produk dengan iklan sukses, perlu diciptakan iklan yang efektif dan menarik minat konsumen, yaitu melalui: kata kata yang persuasif dan desain yang menarik (Komunikasi Visual Periklanan)
Sumber Weblog Esa Unggul
Tidak ada komentar :
Posting Komentar